Mengapa Larutan Elekrolit dapat menghantarkan arus listrik ?


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Mengapa Larutan Elekrolit dapat menghantarkan arus listrik ? and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Mengapa Larutan Elekrolit dapat menghantarkan arus listrik ?
Pertanyaan ini merupakan salah satu pekerjaan rumah bagi para ahli pada akhir abad ke - 19,namun untuk sekarang hal ini sudah dapat dijelaskan

Mungkin sebelumnya anda pernah mendengar mengenai Elektrolit,baik dari iklan - iklan yang ada di televisi,ataupun orang lain yang membicarakan mengenai ini. Namun apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan Elektrolit itu ? Elektrolit adalah suatu zat yang terlarut atau terurai ke dalam bentuk ion - ion dan selanjutnya larutan menjadi konduktor elektrik,ion - ion merupakan larutan bermuatan elektrik. Nah,sudah tahu kan apa itu Elektrolit ? lantas mengapa Larutan Elektrolit dapat menghantarkan arus listrik ? Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dibawah ini


Mengenai Larutan Elektrolit dapat menghantarkan arus listrik dapat dijelaskan oleh seorang ilmuwan yang bernama August Svante Arrhenius pada tahun 1887,Arrhenius berhasil menjelaskan hantaran listrik melalui elektrolit dengan teori ionisasi. Menurut Arrhenius,larutan elektrolit dapat menghantarkan listirk karena mengandung ion - ion yang dapat bergerak bebas. Ion - ion tersebutlah yang menghantarkan arus listrik melalui larutan.

Berdasarkan daya hantarnya larutan elektrolit dibagi menjadi dua yaitu,larutan elektrolit kuat dimana daya hantarnya besar,contohnya adalah larutan NaCl atau lebih sering disebut laurtan garam. Dan larutan elektrolit lemah dimana daya hantarnya lemah. 

Mari kita ambil contoh dari larutan NaCl atau larutan garam. NaCl jika dilarutkan didalam air akan terurai menjadi Na+ dan Cl- dimana Na merupakan Kation (Ion bermuatan positif) dan Cl merupakan Anion (Ion bermuatan Negatif). Ion-ion yang terurai tadi akan begerak bebas didalam larutan.

Dalam elektrolit tester terdapat elektrode positif dan elektrode negatif. elektrode positif akan didekati oleh ion negatif, sedangkan elektrode negatif akan didekati oleh ion positif. Ion negatif melepaskan elektron. Elektron tersebut mengalir melewati lampu sehingga lampu dapat menyala dan timbul gelembung gas pada satu atau dua elektrode tersebut.

Jadi kesimpulannya,Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik karena adanya ion - ion yang bergerak bebas.

Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai mengapa larutan elektrolit dapat menghantarkan arus listrik. Semoga dengan adanya artikel ini,dapat membantu anda dalam lebih memahami mengenai mengapa larutan elektrolit dapat menghantarkan arus listirk. Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar