Tipe Sosialisasi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Tipe Sosialisasi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang kata Sosialisasi. Namun,apakah anda tahu pengertian dari kata tersebut ? Jika belum maka berikut akan saya hadirkan pengertian dari kata Sosialisasi. Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan atau norma dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Dimana sajakah anda melakukan Sosialisasi? disekolah,dirumah,di lingkungan luar,dll. Nah,tempat atau lingkungan anda dalam bersosialisai tentunya akan memilki standar nilai yang berbeda di setiap lingkungannya. Contoh jika disekolah,maka anda disebut memilki kepribadian baik jika mendapatkan nilai ulangan selalu bagus,patuh terhadap peraturan sekolah,dan hormat kepada guru bukan? Namun,tentunya ini akan berbeda jika kita berada dilingkungan permainan kita,kita akan dinilai memiliki kepribadian baik jika saling membantu,tidak pelit dan lain lain. Nah dari kedua contoh diatas,dalam Sosiologi merupakan sesuatu yang berbeda. Kedua contoh diatas dibedakan berdasarkan tipe nya. Berikut akan saya jelaskan mengenai Tipe Sosialisasi :


Terdapat dua tipe sosialisasi,yaitu sebagai berikut :

1.Formal (Resmi)
Sekolah merupakan salah satu tipe sosialisasi formal

Sosialisasi tipe ini terjadi melalui lembaga-lembaga yang berwenang menurut ketentuan yang berlaku dalam negara,seperti pendidikan disekolah atau pendidikan militer.

2.Informal (Non-Formal/Tidak Resmi)

Bermain bersama teman merupakan sosialisasi Informal


Sosialisasi tipe ini terdapat di masyarakat atau dalam pergaulan yang bersifat kekeluargaan,seperti pergaulan sesama teman,sahabat,anggota klub,dan kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat.

Baik sosialisasi formal ataupun informal tetap mengarah pada pertumbuhan pribadi seseorang agar ia mengikuti apa nilai dan norma yang berlaku dilingkungannya. Meskipun proses sosialisasi dipisahkan secara formal maupun Informal,namun hasilnya akan sangat sulit untuk dipisahkan sebab seorang individu biasanya mendapatkan sosialisasi formal dan sosialisasi informal sekaligus

Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai tipe sosialisasi. Semoga dengan artikel ini,dapat membantu para pembaca semua dalam mengerti mengenai tipe sosialisasi. Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan artikel dari kami selanjutnya :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar