Bentuk Sosialisasi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Bentuk Sosialisasi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Hasil gambar untuk keluarga
Sosialisasi,apa sih itu sosialisasi? Pasti anda sering mendengar kata yang satu ini bukan,dan kata sosialisasi ini sudah tidak asing lagi didengar oleh telinga kita. Namun,apakah sebenarnya sosialisasi itu ? Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan atau norma dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Nah,itu tadi adalah pengertian dari Sosialisasi. Anda tentu pada saat pertama kali mengalami sosialisai,pastinya anda bersosialisai dengan keluarga anda bukan? Barulah setelah anda sudah umur beberapa tahun anda mulai bersosialisasi dengan teman-teman atau orang lain selain keluarga anda disekitar anda. Dalam sosiologi sosialisasi dibagi kedalam dua bentuk. Yakni sosialisai primer dan sosialisasi sekunder. Menurut Donald Light,Suzanne Keller,dan Craig Callhoun bahwa setelah seseorang mendapatkan sosialisasi dini atau sosialisai primer,maka selanjutnya ia akan mendapatkan sosialisasi sekunder. Berikut adalah penjelasan lengkapnya :


1.Sosialisasi Primer

Hasil gambar untuk keluarga
Sosialisai dalam Keluarga merupakan bentuk sosialisasi primer

Sosialisasi Primer adalah sosialisai yang dilakukan pada tahap awal kehidupan manusia. Berger dan Luckman menjelaskan sosialisasi primer sebagai sosialisasi pertama yang dijalani individu semasa kecil,ketika ia belajar menjadi anggota masyarakat. Seperti yang saya sebutkan tadi,bahwa pada tahap awal anda tentunya akan bersosialisasi dengan keluarga,maka sosialisasi tersebut disebut sosialisasi primer. Sosialisasi Primer akan mempengaruhi seorang anak untuk dapat membedakan dirinya dengan orang lain disekitarnya,seperti ayah,ibu,kakak,dan adik

2.Sosialisasi Sekunder


Hasil gambar untuk sekolah
Sosialisai Sekunder adalah proses berikutnya yang memperkenalkan seorang individu ke lingkungan diluar lingkungan keluarganya. Seperti sekolah,lingkungan bermain,lingkungan kerja dan lain-lain. Seperti yang tadi saya sebutkan setelah kita bersosialisasi dengan keluarga barulah kita bersosialisasi dengan orang lain selain keluarga,inilah yang disebut sosialisasi sekunder.

Dalam proses sosialisasi sekunder sering dijumpai yang namanya proses resosialisasi (Proses sosialisasi ulang dalam masyarakat). Proses ini terjadi ketika apa yang telah disosialisasikan dalam tahap sosialisasi primer berbeda dengan sosialisasi sekunder. Proses resosialisasi didahului dengan proses desosialisasi (Proses pencabutan hal-hal yang telah dimiliki oleh individu seperti nilai dan norma. Proses Sosialisasi dapat dilihat ketika seorang murid SMP masuk kedalam lingkungan SMA. Mereka mengalami proses resosialisasi yang didahuli dengan desosialisasi,misalnya dengan mengganti pakaian yang tadinya putih biru dengan pakaian putih abu-abu dan menjalani proses orientasi ketika teman-teman senior ataupun guru menjelaskan bahwa peraturan di SMP berbeda dengan peraturan di SMA.

Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai bentuk sosialisasi. Semoga dengan adanya artikel ini,dapat membantu pembaca sekalian dalam mengetahui mengenai bentuk sosialisasi. Terima Kasih telah mengunjungi blog ini,dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik selanjutnya :D


Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar