Pengertian Protista


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian Protista and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Pernah mendengar kata Protista?,atau malah anda tidak tahu apa itu Protista sama sekali. Anda pernah memakan agar-agar?,terbuat dari apakah agar-agar itu?,jawabannya adalah rumput laut. Namun,apakah rumput laut termasuk kedalam tumbuh-tumbuhan,ternyata TIDAK. Rumput laut merupakan salah satu contoh dari Protista. Lalu apakah sebenarnya Protista itu?,Protista adalah organisme yang memiliki membran inti (eukariotik) pertama atau sederhana. Protista berasal dari bahasa Yunani Protos yang artinya adalah pertama. Beberapa contoh Protista yang terkenal adalah rumput laut,plankton,Plasmodium sp. yang merupakan penyebab penyakit malaria. Jika anda sudah tahu apa itu Protista,apakah anda ingin mempelajarinya lebih dalam?,jika ya lanjutkan membaca,dan jika tidak hentikan membaca. Berdasarkan kemiripan ciri-cirinya dengan organisme lain dan cara memperoleh makanan sebagai sumber energi,Protista dapat digolongkan menjadi tiga golongan yaitu Protista Mirip Hewan (Protozoa),Protista Mirip Tumbuhan (Alga atau ganggang),dan Protista Mirip Jamur (Jamur Protista). Ingin tahu penjelasannya?,silahkan simak dibawah ini :


1.Protista mirip hewan (Protozoa)

Amoeba sp.


Protista mirip hewan atau protozoa,adalah protista heterotrof (mendapatkan makanan dari Mahluk Hidup atau organisme lain) yang memperoleh makanan dari organisme lain dengan cara "menelan" atau memasukkan makanan tersebut kedalam sel tubuhnya. Protozoa diklasifikasikan lagi berdasarkan alat geraknya,klasifikasi Protozoa adalah sebagai berikut :

A.Ciliata,yaitu Protozoa yang bergerak menggunakan silia (Rambut Getar)
B.Rhizopoda,yaitu Protozoa yang bergerak menggunakan pseudopodia (Kaki semu)
C.Flagellata,yaitu Protozoa yang bergerak menggunakan Flagela (Bulu Cambuk)
D.Sporozoa,yaitu Protozoa yang tidak memiliki alat gerak.

2.Protista Mirip Tumbuhan (Alga atau Ganggang)
Alga



Protista mirip tumbuhan atau Alga,adalah protista yang bersifat fotoautotrof (Dapat membuat makanan sendiri) yang dapat membuat makanannya sendiri dengan cara fotosintesis,inilah salah satu alasan mengapa ada Protista yang mirip tumbuhan. Alga atau ganggang diklasifikasikan lagi berdasarkan pigmen yang dominan,keberadaan dan komponen penyusun dinding sel,jenis cadangan makanan yang disimpan,dan keberadaan flagela. Berikut adalah Klasifikasi Alga atau Ganggang :

A.Euglenoid
B.Chrysophyta (Alga Keemasan)
C.Pyrrophyta
D.Chlorophyta (Alga Hijau)
E.Phaeophyta (Alga Cokelat)
F.Rhodophyta (Alga Merah)

3.Protista Mirip Jamur (Jamur Protista)

Protitsa mirip jamur atau jamur protista adalah,protista yang bersifat heterotrof yang mendapatkan makanan dari Mahluk Hidup lain dengan cara menguraikan atau menelan (fagositosi) makanan. Jamur Protista diklasifikasikan lagi menjadi 2 Jenis yaitu :

A.Jamur Air (Oomycota),dan
B.Jamur lendir (Myxomycota)

















Nah,itu tadi dia penjelasan mengenai protista dan penggolongan dari Protista. Sekarang anda sudah mengerti bukan,semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda dalam mengetahui lebih lanjut tentang Protista . Terima Kasih telah mengunjungi blog ini dan jangan lupa nantikan artikel-artikel menarik dari kami selanjutnya :D
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar