Teori Pembentukan Bumi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Teori Pembentukan Bumi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Hai,sobat pembaca. Kembali lagi dalam blog kita yang tercinta ini :P LOL . Kali ini saya akan membahas mengenai topik tentang teori-teori pembentukan bumi yang dikemukakan oleh beberapa ahli tentang topik ini. Tentu saja teori ini berdasarkan penelitian,walaupun belum tentu 100% akurat. Karena belum 100% akurat maka tentu saja akan ada beberapa teori tentang pembentukan bumi. Ok,mari kita lihat teori-teori berikut ini yang dikemukakan oleh para ahli :D :

1.Teori apungan dan Pergeseran Benua (Benua Pangea)

*Teori ini dikemukakan oleh seorang Geolog asal Jerman yang bernama Alfred Lothar Wegener. Menurutnya pada zaman dahulu seluruh daratan yang ada di permukaan bumi ini bersatu yang disebut sebagai Benua Pangea. Pada akhir zaman karbon (kurang lebih 300 juta tahun yang lalu) Amerika Utara masih bersatu dengan kontinen Eurasia dan Amerika Selatan bergabung dengan kontinen Afrika. Benua-benua di belahan bumi bagian selatan seperti Australia dan Antartika juga bersatu dengan masa benua tersebut diatas. Seiring perkembangan zaman Benua Pangea mulai terbagi-bagi. Sebagian kontinen bergerak kebarat dan sebagian lagi bergerak ke selatan dan Afrika masing masing mulai terpisah serta bergerak sendiri-sendiri.

2.Teori Laurasia-Gondwana (Lempeng Tektonik)

*Teori ini dikemukakan oleh Edward Suess dan juga Frank B Taylor. keduanya mengatakan bahwa pada mula-mula ada dua benua yang berlokasi di kedua kutub bumi,yaitu Lourentia (Laurasia) di utara dan Gondwana di selatan. Selanjutnya kedua benua itu perlahan bergerak ke arah ekuator dan membentuk benua seperti sekarang. Laurasia terbentuk menjadi Asia,Amerika Utara,dan Eropa. Sedangkan Gondwana terbentuk menjadi Afrika,Australia,Amerika Selatan,India,dan Antartika.

3.Teori Kontraksi
*Teori ini agak jarang didengar oleh kita. Dikemukakan oleh Rene Descartes,menurutnya bumi makin lama makin menyusut dan mengkerut karena pendinginan. oleh sebab itu terjadilah gunung-gunung dan lembah-lembah.

Itu tadi dia beberapa teori pembentukan bumi yang cukup terkenal,dan mungkin saja masih ada teori lainnya yang tidak ditulis dalam postingan ini,bahkan mungkin saja muncul teori-teori baru yang lebih akurat. Jadi jangan hanya berpatokan pada teori ini saja ya,terus ikuti perkembangan penelitiannya agar kita tau bagaimana sih asal mula pembentukan bumi kita tercinta ini. Sekian dulu ya pembahasan tentang Teori Pembentukan Bumi,Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga postingan kami selanjuntya :D

Last Updated : 14/12/15 00:19 WIB
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar