Macam-macam Permintaan


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Macam-macam Permintaan and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!



Hai,sobat pembaca kembali lagi dalam blog ini. Kali ini saya akan membahas topik tentang macam-macam permintaan dalam ekonomi. Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang macam-macam permintaan ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui pengertian dari permintaan tersebut. Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang diinginkan dan mampu dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga dan periode tertentu. Jika kita sudah memahami apa itu pengertian permintaan,maka kita dapat berlanjut ke macam-macam permintaan seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini :

Macam-macam Permintaan
Berdasarkan daya beli konsumen,permintaan dibagi menjadi 3 yaitu : 

1.Permintaan Potensial : 
*Pengertian : Permintaan yang belum disertai dengan daya beli,sehingga membutuhkan waktu agar daya beli tersebut dapat terpenuhi

*Contoh : Seseorang yang sedang berbelanja di departement store melihat baju yang cantik dengan harga Rp 200.000 , namun pada saat itu dia hanya memiliki uang sebesar Rp 100.000. Maka agar dapat memenuhi ia akan berusaha dan kembali minggu depan supaya dapat membeli baju tersebut.

2.Permintaan Efektif : 
*Pengertian : Permintaan yang sudah disertai dengan daya beli.

*Contoh : Seseorang melihat sepatu yang sangat bagus di toko sepatu lalu ia ingin membeli sepatu itu,yang harganya Rp 120.000 . Dan pada saat itu ia memiliki uang Rp 200.000 sehingga ia dapat membeli sepatu tersebut (Memiliki Daya Beli)

3.Permintaan Absolut : 
*Pengertian : Permintaan yang TIDAK disertai dengan daya beli

*Contoh : Seorang pelajar yang ingin membeli sebuah Lamborghini , namun tentu saja ia tidak mempunyai uang untuk membeli Lamborghini tersebut (Tidak Memiliki Daya Beli)

Ya,itu tadi pembahasan kita mengenai Macam-macam permintaan dalam ekonomi. Termasuk dimanakah anda ??? :v . Baiklah,sekian dulu pembahasan tentang macam-macam permintaan nya,Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan postingan dari kami selanjutnya :D
Last Updated : 08/12/15 23:50 WIB

Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar