Pembagian Waktu di Indonesia


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pembagian Waktu di Indonesia and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Pernahkah anda melihat di televisi terutama menjelang tahun baru, bahwa masyarakat di pulau Papua telah terlebih dahulu merayakan tahun baru, padahal di daerah kita masih menunjukkan pukul 22:00? Ternyata hal ini terjadi akibat adanya pembagian zona waktu di Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan letak astronomis dari 95⁰ bujur timur - 141⁰ bujur timur dan 6⁰ lintang utara - 11⁰ lintang selatan. Pembagian waktu di Indonesia didasarkan pada letak bujur, dimana sesuai kesepakatan bahwa setiap 15⁰ maka memiliki perbedaan waktu sebanyak 1 jam. Maka dari itu, zona waktu di Indonesia dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

A.Waktu Indonesia Barat (WIB)
Waktu Indonesia Barat memiliki selisih waktu 7 jam lebih awal dari Greenwich (GMT+7). Hal ini didasarkan meridian pangkal 105⁰ Bujur Timur. Wilayah Indonesia yang termasuk dalam zona Waktu Indonesia Barat adalah :

  1. Pulau Sumatera
  2. Pulau Jawa
  3. Provinsi Kalimantan Barat
  4. Provinsi Kalimantan Tengah

B.Waktu Indonesia Tengah (WITA)
Waktu Indonesia Tengah memiliki selisih waktu 8 jam lebih awal dari Greenwich (GMT+8). Hal ini didasarkan meridian pangkal 120⁰ Bujur Timur. Wilayah Indonesia yang termasuk dalam zona Waktu Indonesia Tengah adalah :

  1. Provinsi Kalimantan Timur
  2. Provinsi Kalimantan Selatan
  3. Provinsi Kalimantan Utara
  4. Provinsi Bali
  5. Provinsi Nusa Tenggara Barat
  6. Provinsi Nusa Tenggara Timur
  7. Pulau Sulawesi

C.Waktu Indonesia Timur (WIT)
Waktu Indonesia Timur memiliki selisih waktu 9 jam lebih awal dari Greenwich (GMT+9). Hal ini didasarkan meridian pangkal 135⁰ Bujur Timur. Wilayah Indonesia yang termasuk dalam zona Waktu Indonesia Timur adalah :

  1. Pulau Papua
  2. Provinsi Maluku
  3. Provinsi Maluku Utara

Untuk lebih memahami pembagian waktu di Indonesia, silahkan simak contoh kasus dibawah ini :

*Andi merupakan orang yang tinggal di Medan (Sumatera Utara), mempunyai teman yang tinggal di daerah Denpasar (Bali), dan mempunyai saudara yang tinggal di Jayapura (Papua). Jika saat ini ditempat andi menunjukkan pukul 15:00, maka temannya yang berada di daerah Denpasar menunjukkan waktu pukul 16:00, dan saudaranya yang berada di Jayapura menunjukkan waktu pukul 17:00.

Sehingga dapat disimpulkan :

  1. Waktu Indonesia Barat (WIB) dengan Waktu Indonesia Tengah (WITA) memiliki selisih 1 jam lebih lama, dan Waktu Indonesia Barat (WIB) dengan Waktu Indonesia Timur (WIT) memiliki selisih 2 jam lebih lama. 
  2. Waktu Indonesia Tengah (WITA) dengan Waktu Indonesia Barat (WIB) memiliki selisih 1 jam lebih cepat, dan Waktu Indonesia Tengah (WITA) dengan Waktu Indonesia Timur (WIT) memiliki selisih 1 jam lebih lama.
  3. Waktu Indonesia Timur (WIT) dengan Waktu Indonesia Barat (WIB) memiliki selisih 2 jam lebih cepat, dan Waktu Indonesia Timur (WIT) dengan Waktu Indonesia Tengah (WITA) memiliki selisih 1 jam lebih cepat.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pembagian Waktu di Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi kepada pembaca mengenai pembagian waktu di Indonesia. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar