Pengertian Kamuflase dan Contohnya


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian Kamuflase dan Contohnya and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Singa yang berkamuflase
Pernahkah anda mengalami kejadian dimana pada awalnya pada sebuah daun hijau anda tidak melihat ada hewan namun, ketika didekati atau anda pegang tenyata ada hewan belalang yang sedang hinggap di daun tersebut? Jika anda pernah mengalaminya, maka belalang tersebut sedang berkamuflase. Nah, apakah sebenarnya maksud dari kamuflase itu sendiri? Berikut adalah penjelasan mengenai kamuflase.

A.Pengertian Kamuflase
Kamuflase adalah sebuah kemampuan untuk menyamakan warna kulitnya dengan lingkungan yang ada disekitarnya untuk melindungi diri dari predator atau berburu mangsanya. Misalnya, seekor hewan berwarna hijau akan tampak sama dengan daun jika hewan tersebut hinggap di daun berwarna hijau tadi.

B.Contoh Hewan Kamuflase
Ada beberapa hewan yang sering berkamuflase. Belalang daun, singa, dan penyu merupakan hewan yang sering menggunakan kemampuan kamuflase. Berikut adalah penjelasan bagaimana ketiga hewan diatas melakukan kamuflase.

1.Belalang Daun
Belalang daun mempunyai warna hijau yang mirip dengan daun. Warna hijau ini membuat dirinya dapat melakukan kamuflase dengan memanfaatkan daun yang ada disekitarnya. Dengan warnanya ini, belalang daun dapat menghindari predatornya seperti burung dan mencari mangsanya dengan mudah.

2.Singa
Singa hidup di daerah sabana yang didominasi oleh rerumputan alang-alang yang berwarna coklat. Hal ini menguntungkan bagi singa, karena warna kulitnya tidak jauh berbeda dengan alang-alang tersebut sehingga dimanfaatkan singa untuk berkamuflase mencari mangsanya. Dengan kemampuan ini, maka singa dapat mengendap-ngendap tanpa disadari oleh mangsanya.

3.Penyu

Penyu
Rata-rata warna dari penyu adalah biru ketua-tuan yang sangat mirip dengan batu-batuan yang berada didalam laut. Hal ini membuat penyu dapat melakukan kamuflase dengan memanfaatkan bebatuan tersebut. Penyu melakukan kamuflase untuk mencari mangsanya, yaitu ikan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pengertian Kamuflase dan Contonya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai kamuflase. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar