Jenis-Jenis Gaya dan Pengaruh Gaya terhadap Benda


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Jenis-Jenis Gaya dan Pengaruh Gaya terhadap Benda and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Gaya dapat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang diberikan kepada suatu benda. Gaya dapat dibedakan menjadi 2 kelompok besar, yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Gaya sentuh terdiri dari gaya otot, gaya gesek, dan gaya pegas. Sedangkan gaya tak sentuh terdiri dari gaya gravitasi, gaya listrik, dan gaya magnet. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis gaya dan pengaruhnya terhadap benda.


A.Jenis-Jenis Gaya
Gaya dikelompokan menjadi 2 kelompok besar, yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis gaya

1.Gaya Sentuh
Gaya sentuh adalah gaya yang terjadi jika benda yang menerima gaya dengan benda yang memberikan gaya melakukan kontak secara langsung. Gaya sentuh dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :

a.Gaya Otot 

Otot kuda menarik kereta andong
Gaya otot adalah gaya yang dihasilkan oleh otot manusia ataupun hewan. Berikut adalah contoh dari pemanfaatan gaya otot :

  1. Pemain sepakbola menendang bola
  2. Orang menarik atau mendorong gerobak
  3. Kuda menarik kereta andong
  4. Sapi menarik pedati

b.Gaya Gesek
Gaya gesek adalah gaya yang terjadi akibat adanya dua permukaan benda yang saling bersentuhan. Gaya gesek akan menyebabkan perlambatan pada benda. Semakin kasar permukaan benda, maka akan semakin besar pula gaya geseknya. Sebaliknya, semakin halus permukaan benda, maka akan semakin kecil gaya gesek yang dihasilkan. Berikut adalah contoh dari pemanfaatan gaya gesek :

  1. Sepeda berhenti melaju ketika direm
  2. Kelereng yang berhenti setelah melaju beberapa saat
  3. Mengamplas dinding

c.Gaya Pegas

Orang yang terlempar akibat gaya pegas dari trampolin
Gaya Pegas adalah gaya yang dihasilkan oleh benda yang sifatnya elastis. Gaya pegas dapat berupa regangan atau rapatan. Berikut adalah contoh dari pemanfaatan gaya pegas :

  1. Karet gelang yang ditarik
  2. Orang yang melompat-lompat diatas trampolin
  3. Atlet renang yang melompat dari papan lompat di kolam renang

2.Gaya Tak Sentuh
Gaya tak sentuh adalah gaya yang timbul namun benda yang menerima gaya dengan benda yang memberi gaya tidak melakukan kontak secara langsung. Gaya tak sentuh dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu :

a.Gaya Gravitasi
Gaya Gravitasi adalah gaya yang ditimbulkan oleh benda untuk menarik benda lain ke arah pusat benda yang bersangkutan. Berikut adalah contoh dari pemanfaatan gaya gravitasi :

  1. Buah mangga yang jatuh dari pohonnya
  2. Semua benda yang ada di bumi, jika dilemparkan ke atas akan jatuh ke bawah menuju pusat bumi

b.Gaya Listrik
Gaya listrik adalah gaya yang dialami oleh obyek bermuatan yang berada dalam medan listrik. Berikut adalah contoh dari pemanfaatan gaya listrik :

  1. Serpihan kertas akan bergerak naik/turun ketika didekatkan ke penggaris plastik yang sebelumnya telah digosokkan pada rambut terlebih dahulu.
  2. Kipas angin yang dialiri listrik akan bergerak

c.Gaya Magnet
Bijih besi yang menempel pada magnet
Gaya magnet adalah gaya yang ditimbulkan oleh magnet. Berikut adalah contoh dari pemanfaatan gaya magnet :

  1. Paku yang bergerak mendekat jika didekati ujung magnet
  2. Kompas yang bergerak menunjukkan arah utara dan selatan
  3. Besi yang menempel pada magnet jika didekatkan
  4. Bijih besi yang menempel pada magnet

B.Pengaruh Gaya Terhadap Benda
Gaya memiliki pengaruh jika terkena pada suatu benda. Pengaruh tersebut diantaranya adalah mengubah gerak benda, mengubah bentuk benda, dan mengubah arah benda. Berikut adalah penjelasan mengenai pengaruh gaya terhadap benda

1.Gaya Mengubah Gerak Benda

Bola bergerak setelah ditendang
Benda yang diberikan gaya dapat berubah dari kondisi semula. Benda diam yang kemudian diberikan gaya akan menjadi bergerak. Benda yang tadinya bergerak jika diberikan gaya gesek akan berhenti. Benda yang tadinya bergerak lambat, jika diberikan dorongan akan bergerak semakin cepat. Berikut adalah contoh gaya dapat mengubah gerak benda :

  1. Bola yang tadinya diam, ketika ditendang akan bergerak
  2. Sepeda yang tadinya bergerak, ketika di rem akan diam
  3. Kelereng yang tadinya melaju, ketika terkena gesekan dari pasir akan diam

2.Gaya Mengubah Bentuk Benda

Kaleng penyok akibat gaya
Benda yang diberikan gaya dapat berubah bentuknya. Benda yang tadinya sempurna, ketika diberikan gaya dapat mengubah bentuk aslinya. Semakin besar gaya yang diberikan pada benda, maka semakin besar pula perubahan yang terjadi pada benda tersebut. Berikut adalah contoh gaya mengubah bentuk benda :

  1. Kaleng minuman kosong yang ditendang dengan kuat akan menyebabkannya penyok
  2. Plastisin akan berubah bentuk jika ditekan
  3. Kertas akan berubah bentuk ketika diremas 

3.Gaya Mengubah Arah Benda
Benda yang diberikan gaya dapat berubah arahnya. Benda akan berubah arahnya dari pergerakan awal jika diberikan gaya. Berikut adalah contoh gaya mengubah arah benda :

  1. Kiper menepis bola yang diarahkan ke gawang
  2. Mengumpan bola kepada sesama tim
  3. Benda yang tadinya bergerak keatas ketika dilempar akan jatuh kebawah akibat adanya gravitasi

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Jenis Gaya dan Pengaruh Gaya terhadap Benda. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat memberi informasi tambahan kepada pembaca mengenai Gaya. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya 😀
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar