Unsur Dasar Musik


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Unsur Dasar Musik and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Tentu anda semuanya tau dong apa itu musik ? Musik merupakan salah satu jenis hiburan yang murah,santai,dan juga menyenangkan. Namun ternyata dalam sebuah musik,terdapat unsur - unsur agar dapat terbentuklah musik tersebut. Unsur - unsur tadi disebut dengan Unsur Dasar Musik,yang artinya sesuatu yang menjadi dasar terjadinya sebuah musik. Unsur dasar musik terdiri atas Nada,Tangga Nada,dan juga Harmoni. Untuk lebih jelasnya mengenai Unsur - unsur dasar dalam musik,mari kita mempelajarinya dibawah ini :


1.Nada
Nada adalah bunyi yang frekuensinya tetap. Frekuensi adalah jumlah getaran per detik. Makin banyak frekuensi bunyinya ,makin tinggi nadanya dan sebaliknya. Frekuensi yang dapat didengar oleh manusia adalah antara 16 s/d 20.000 Getaran/detik. Jika kurang atau lebih dari itu maka frekuensi nya tidak dapat didengar oleh manusia. Frekuensi dalam musik biasanya antara 32 - 5000 getaran/detik.

Kuat lemahnya nada yang dihasilkan ditentukan oleh amplitudo (lebar getaran). Makin lebar amplitudonya,makin keras suaranya. Timbre atau warna nada ditentukan oleh instrumen,sumber bunyi,dan juga cara memainkannya.

Alat yang digunakan untuk pedoman dalam menala/menyetem nada adalah Stemfluit untuk yang ditiup dan Stemfork untuk yang diketuk.

2.Tangga Nada
Tangga nada adalah sistem susunan nada dengan pola tertentu. Ada dua jenis tangga nada yaitu tangga nada diatonis yang menggunakan tujuh nada dan pentatonis (Penta = lima) yang menggunakan lima nada.\

A.Tangga Nada Diatonis
Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak tangga nada, yaitu satu dan setengah. Tangga Nada Diatonis dibedakan menjadi dua yaitu Tangga nada Diatonis Mayor dan Tangga Nada diatonis minor :

*Tangga Nada Diatonis Mayor
Tangga nada mayor adalah tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1–1–1/2–1–1–1–1/2. Tangga Nada diatonis Mayor ini biasanya banyak digunakan pada lagu - lagu yang bersuasana riang atau gembira.


*Tangga Nada Diatonis Minor
Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanadanya berjarak 1–1/2–1–1–1/2–1–1. Tangga Nada diatonis Minor biasanya banyak di temui pada lagu - lagu yang berkesan menyedihkan atau selow.

Hasil gambar untuk tangga nada diatonis minor
B.Tangga Nada Pentatonis
Tangga nada pentatonis adalah jenis tangga nada yang hanya menggunakan lima nada. Berdasarkan tangga nadanya ada tangga nada yang menggunakan pelog dan slendro dan ada juga tangga nada madenda

3.Harmoni
Harmoni adalah komposisi berbagai bunyi atau melodi yang mengiringi melodi utama. Melodi adalah rangkaian nada tertentu dengan pola ritme tertentu. Yang termasuk harmoni sederhana adalah akor.


Nah,itu tadi dia unsur - unsur dasar dari musik. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian dalam memahami mengenai Unsur Dasar Musik. Terima Kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan juga bermanfaat selanjutnya :D

Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar