Pengertian Akulturasi


Hello Guys, Welcome Back in yaudahkasideh blog. Hasyiap, kali ini kita ngomongin tentang Pengertian Akulturasi and tanpa berlama lama, Yaudahkasideh!!!


Hai,sobat pembaca. Kembali lagi nih dalam blog ini. Kali ini saya akan membahas mengenai topik tentang yang berhubungan dengan pelajaran Sosiologi,tepatnya pengertian dari Akulturasi. Akulturasi merupakan salah satu dari bentuk interaksi sosial yang bersifat Asosiatif. Nah,untuk lebih jelasnya mengenai Akulturasi,mari kita simak penjelasannya dibawah ini :

*Pengertian Akulturasi
Akulturasi adalah berpadunya dua kebudayaan yang berbeda dan membentuk suatu kebudayaan baru dengan tidak menghilangkan ciri-ciri kepribadian kebudayaan masing-masing.

*Proses Akulturasi
Proses Akulturasi dapat berjalan sangat cepat atau lambat,tergantung dari presepsi masyarakt setempat terhadap budaya asing yang masuk. Apabila kebudayaan asing itu masuk melalui proses pemaksaan,maka akulturasi memakan waktu relatif lebih lama. Sebaliknya,apabila budaya asing itu masuk melalui proses damai,maka proses akulturasi akan relatif lebih cepat.


*Contoh dari Akulturasi
1.Candi Borobudur yang merupakan perpaduan antara kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan India dimana kebudayaan Indonesia yang terdapat dalam Candi Borobudur adalah punden berundak-undak sedangkan kebudayaan India yang terdapat dalam Candi Borobudur adalah Stupa-stupa di Candi Borobudur

2.Musik Keroncong yang merupakan perpaduan antara musik Portugis dengan musik Indonesia.

Nah,itu tadi dia pengertian tentang Akulturasi berserta contohnya. Bagaimana dapat dipahami bukan ?,Semoga Bermanfaat ya. Terima Kasih telah mengunjungi blog ini dan jangan lupa nantikan postingan menarik dari blog kami lainnya :D

Last Update : 26/12/15 22:28 WIB

Lihat Juga :
Pengertian Asimilasi
Baca artikel lain tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar